Sabtu, 15 Mei 2010

...AYAM GORENG KFC HAS BEEN SOLVED...

Ron Douglas
(istimewa)
INILAH.COM, New York - Siapa tak kenal ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC)? Rahasia lezatnya tersimpan di 11 bumbu racikan spesial milik Kolonel Sanders. Sayangnya bukan rahasia lagi, sebab seorang warga AS berhasil memecahkan kombinasi itu.



Pria itu bernama Ron Douglas dan ia bukan seorang koki profesional. Ia terobsesi membongkar 11 bumbu dan rempah rahasia KFC yang diciptakan Kolonel Harland David Sanders pada 1935 itu, bahkan merelakan pekerjaannya sebagai Manajer Keuangan lembaga pembiayaan raksasa AS, JPMorgan, sejak 2007. Akhirnya, perjuangan tahunan itu membuahkan hasil.
"Akhirnya saya menemukan kombinasi yang identik dengan racikan KFC alias Kolonel Sanders," ujar Ron girang, seperti dikutip news.com, Selasa (21/7). Dan kini, ia telah menerbitkan sebuah buku khusus yang membongkar rahasia terdalam franchise asal AS tersebut.
Eksperimen Ron tak mudah, dengan ratusan bumbu serta rempah yang dikenal dunia, ia harus menjajal jutaan kombinasi untuk mendepatkan rasa yang tepat. Pada suatu masa, Ron merasa sangat putus asa dengan racikan Original Recipe KFC itu, bahkan berusaha menyogok salah satu kokinya.
"Tapi ia tak mau mengatakannya kepada saya," kenang Ron. Ia kemudian mendapati di internet banyak orang yang melakukan hal serupa. Kondisi itu menginspirasi Ron mewadahi sebuah komunitas online yang bertujuan untuk membongkar rahasia ayam lezat KFC, serta mundur dari jabatannya di Wall Street. Wow!
Komunitas itu hanya mengandalkan beberapa penggemar makanan dan pengkritik rasa. Ron mempekerjakan beberapa koki untuk bereksperimen dengan bumbu-bumbu tersebut. Buku yang ia terbitkan, America's Most Wanted Recipes, yang memuat resep rahasia KFC pun menjadi bestseller di AS. [vin]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar